Harga Sewa Mobil Crane 5 Ton

Category : Mobile Crane

Harga Sewa Mobil Crane 5 Ton
Telp/WA : 0813 8079 6922

Cranes: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Crane berbeda dari peralatan konstruksi lainnya karena – pada fungsi paling dasar – mereka tidak memerlukan mesin atau daya lain untuk berfungsi. Buldoser, excavator atau traktor membutuhkan beberapa bentuk daya – apakah itu uap atau gas, atau minyak. Banyak peralatan konstruksi modern tanggal kembali ke beberapa waktu di tahun 1900-an. Bukan crane. Crane adalah kakek dari semua peralatan konstruksi.

Apa itu Crane?

Crane adalah mesin yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban berat, mesin, bahan, dan barang untuk berbagai keperluan. Mereka digunakan di semua sektor industri yang berbeda, mulai dari konstruksi hingga manufaktur hingga pembuatan kapal dan pemuatan material. Crane umum di sepanjang cakrawala karena diperlukan untuk membangun gedung pencakar langit yang sering kita lihat di kota-kota kita saat ini.

Komponen Dasar Crane

Meskipun ada banyak jenis crane, ada beberapa komponen dasar yang layak disebutkan. Bagian utama yang dapat ditemukan pada crane adalah:

Boom

Jib

Perlengkapan Rotex

Outriggers

Penyeimbang

Kabel baja bertulang

Mata kail

Boom yang

Boom adalah bagian crane yang paling dikenal. Boom adalah lengan panjang yang bisa teleskopik atau diperbaiki. Mereka mengambil berbagai peran tergantung pada jenis crane dan bagaimana itu dibangun. Mereka dapat bekerja tanpa jib dan kadang-kadang komponen utama pada crane.

Tujuan utama boom adalah untuk mengangkat, memindahkan dan memposisikan material. Mereka menanggung sebagian besar beban dan bertanggung jawab untuk menentukan jangkauan crane.

Jib yang

Jib crane adalah struktur tipe kisi yang melekat pada ujung boom. Menggunakan build tipe kisi membantu mengurangi berat yang ditambahkannya ke bagian depan boom. Ini tetap panjangnya dan tidak dapat diperpanjang atau ditarik kembali seperti boom bisa. Beberapa versi mobile crane memiliki jib yang dipasang di ujung boom untuk membantu memindahkan dan mengangkat material.

Lengan jib atau jib memiliki satu tujuan utama: untuk membantu menjaga materi tetap bersih dari dukungan utama sehingga tidak mengenainya saat digerakkan.

Yang sedang berkata, jib tidak selalu diperlukan dan sering dipandang sebagai potongan tambahan yang dapat digunakan bila diperlukan.

Perlengkapan Rotex

Roda gigi Rotex adalah mekanisme di bawah kabin crane. Hal ini memungkinkan kabin dan boom berputar ke kiri dan kanan. Gerakan sederhana, tetapi sangat penting untuk fungsi mesin.

Penyeimbang

Nama “penyeimbang” cukup banyak menggambarkan tujuan mereka: untuk melawan berat di bagian depan crane sambil mengangkat bahan untuk mencegah tip. Mereka membantu menambah stabilitas pada mesin dan umumnya meningkatkan stabilitas.

Banyak crane memiliki penyeimbang yang dapat disesuaikan sehingga sesuai dengan persyaratan spesifik dari beban atau pekerjaan. Pada menara crane, misalnya, penyeimbang dapat dilihat di ujung lain jib.

Outriggers

Outriggers mungkin menjadi salah satu faktor terpenting untuk keselamatan crane. Fungsi cadik adalah untuk memberikan dukungan tambahan. Tujuan dari cadik adalah untuk mendistribusikan beban crane di area yang cukup besar sehingga crane itu sendiri tidak terbalik atau menjadi tidak stabil. Semua cadik harus memenuhi atau melebihi persyaratan berat crane atau pekerjaan.

Outriggers tidak mengkompensasi tanah yang tidak stabil. OSHA membutuhkan crane untuk dirakit di tanah yang kokoh yang dikeringkan dan dinilai cukup. Pendukung cadik dimaksudkan untuk digunakan bersama dengan standar tanah yang tepat dan tidak menebus tanah yang tidak stabil.

Kabel Baja Bertulang

Agar crane benar-benar mengangkat dan memindahkan material, mereka membutuhkan semacam garis atau tali untuk melakukan pengangkatan yang sebenarnya. Dalam kasus crane, bahan ini adalah kabel baja yang diperkuat. Tali baja pertama kali digunakan untuk menambang hoist pada 1830-an. Kabel yang digunakan saat ini sangat diperkuat, tahan terhadap korosi, menyerap gerakan atau gaya apa pun, dan memiliki titik putus yang sangat tinggi.

Hook yang

Akhirnya, crane harus memiliki beberapa cara agar bahan melekat padanya. Cara yang paling umum ini dilakukan adalah melalui hook. Kait pengangkat pada crane biasanya dilengkapi dengan kait pengaman untuk mencegah material tergelincir dari kait saat transit.

Crane lifting hooks sering terbuat dari baja atau besi tempa. Kait untuk crane dan beban tugas berat biasanya diperlakukan dengan panas dan ditempa untuk membuat kait sekuat mungkin.

Sejarah Crane

Crane berasal dari era 500 B.C dari yunani kuno. Menurut temuan arkeologi mengangkat penjepit dan besi lewis di batu, itu tidak lebih dari 515BC ketika crane sedang digunakan untuk membangun kuil-kuil Yunani. Beberapa peneliti tanggal crane kembali lebih jauh – sejauh 700 – 650 B.C.

Indentasi dan tanda pada batuan seperti ini menunjukkan penggunaan mesin pengangkat untuk membantu dalam konstruksi.

Apa pun tanggalnya, jelas bahwa gagasan menggunakan mesin untuk mengangkat, memindahkan, dan menempatkan bahan bangunan datang jauh lebih awal dari yang Anda kira. Tidak seperti banyak peradaban kuno lainnya yang menggunakan tenaga kerja manual atau landai untuk memindahkan peralatan, penggunaan mekanisme untuk menyederhanakan tugas berbicara dengan pola pikir orang-orang Yunani. Bagaimanapun, mereka juga bertanggung jawab atas geometri, jam alarm, mercusuar, demokrasi, dan bahkan pemanas sentral.

Menurut sejarawan arsitektur Allessandro Pierattini dari University of Notre Dame di Indiana, “tidak ada peradaban sebelumnya yang diketahui telah menggunakannya, dan tetap menjadi pusat konstruksi bangunan tanpa perubahan luar biasa selama hampir 25 abad – karena itu sempurna.”

Dapat dikatakan bahwa penggunaan penjepit pengangkat dan setrika lewis tidak sama dengan crane tetapi susunan mesin mereka dengan crane yang kita kenal sekarang benar-benar tidak jauh berbeda.

Contoh seperti apa crane Yunani jadul itu.

Evolusi Crane

Penggunaan sistem katrol sederhana bertransisi menjadi manusia atau hewan bertenaga untuk memberikan kekuatan ekstra. Pada gilirannya, ini berubah menjadi roda tapak tenaga kerja yang memungkinkan crane untuk mengangkat benda-benda yang lebih berat.

Pada abad pertengahan, crane disesuaikan untuk membantu memuat dan membongkar kapal di dermaga serta membantu dalam konstruksi. Karena crane pada dokumen akan lebih tetap, banyak yang dibangun menjadi menara batu atau struktur kayu yang lebih besar. Pada saat ini, crane itu sendiri masih paling sering terbuat dari kayu.

Sebuah port crane yang digunakan untuk memasang tiang dan mengangkat kargo di Gdansk, dibangun pada abad ke-15.

Crane Selama Revolusi Industri

Seperti kebanyakan mesin dalam sejarah, semuanya berubah selama revolusi industri. Tenaga mekanik melalui mesin uap mengubah crane menjadi mesin pengangkat sejati. Seiring kemajuan teknologi, penggunaan lengan hidrolik, motor listrik, dan mesin independen internal memberi crane kapasitas angkat yang membuat kita kagum hari ini.

Jenis Crane yang Populer

Meskipun ada begitu banyak kapasitas berat, jenis, dan fungsi yang berbeda untuk crane, ada beberapa yang umum terlihat di industri konstruksi.

Mobile crane

Nama itu berbicara untuk dirinya sendiri! Mobile crane adalah salah satu jenis yang paling dasar untuk dilihat dalam konstruksi. Dilengkapi dengan rangka baja atau boom teleskopik yang dipasang ke platform, jenis crane ini dapat dipindahkan ke, dari dan di sekitar lokasi sesuai kebutuhan. Platform yang dimaksud dapat didorong, di atas rel, atau bahkan dipasang ke truk jika diperlukan.

Mobile crane sering digunakan untuk konstruksi umum dan atap. Mereka cukup kuat untuk memindahkan bahan dan peralatan sementara menjadi kurang permanen daripada tower crane.

Tower crane

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang crane, inilah yang mereka pikirkan. Sebagai bentuk crane keseimbangan, tower crane dipasang ke tanah dan digunakan untuk memindahkan dan membawa bahan berat untuk jarak yang lebih jauh. Mereka paling sering digunakan ketika membangun gedung-gedung tinggi.

Fondasi beton untuk tower crane tinggi harus dibangun sekitar sebulan sebelum crane benar-benar naik. Ini memberi waktu dasar untuk menetap dan menjadi cukup kuat untuk menahan crane.

Bagaimana tower crane menjadi begitu tinggi? Mereka membangun diri mereka sendiri! Lihat video ini untuk melihat bagaimana tower crane membangun dirinya sendiri:

Rough terrain crane

Dengan undercarriage yang menyerupai truk monster, Rough terrain crane dipasang di empat roda karet raksasa untuk membantu membawa crane ke mana pun dibutuhkan. Karena ini adalah crane portabel, undercarriage memiliki cadik vertikal dan horizontal untuk membantu memberikan stabilitas dan dukungan saat beroperasi.

Rough terrain crane akan digunakan untuk setiap proyek yang membutuhkan gerakan material di atas permukaan tanah atau tipe off-road yang tidak rata. Apa yang menarik tentang crane medan kasar adalah bahwa mereka adalah mesin bermesin tunggal, yang berarti bahwa mesin yang sama yang menggerakkan mesin juga mengoperasikan crane. Karena hanya ada kebutuhan untuk satu mesin, mesin ini jauh lebih kompak daripada crane lainnya.

Pengoperasian Crane yang Aman

Keselamatan operasi crane unik untuk peralatan lain karena mesin itu sendiri tidak bergerak. Dengan traktor, dozer, dan backhoes, mesin bergerak, berkeliling orang, dan membawa peralatan dengan pengemudi yang bertanggung jawab untuk memeriksa semua titik buta dan menggunakan sinyal yang tepat.

Dengan crane, operator berada dalam posisi tetap dan itu adalah bahan itu sendiri yang bergerak. Operasi yang aman dari dan di sekitar crane bergantung pada operator seperti halnya bagi mereka yang berada di tanah. Sementara operator perlu menggunakan praktik terbaik untuk mengangkat dan memindahkan bahan, kontraktor harus menjaga jarak yang aman dari beban, mengindahkan peringatan tentang bahan yang bergerak, dan mengkomunikasikan properti dengan operator.

Hal ini terutama berlaku untuk tower crane di mana operator bisa begitu tinggi sehingga tidak ada cara baginya untuk melihat apa yang terjadi di tanah.

Waspadai Lingkungan Sekitar

Kontak dengan saluran listrik adalah salah satu kecelakaan utama yang terkait dengan crane. Seperti jenis operasi peralatan lainnya, meluangkan waktu untuk meninjau situs, memulai hari dengan rencana, dan memprioritaskan komunikasi dapat membuat perbedaan dalam hal keselamatan. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari bahaya seperti saluran listrik, peralatan lain atau melukai rekan kerja.

Hal ini juga berlaku untuk operator yang memanjat menara crane. Rel licin atau tidak mengenakan APD yang tepat dapat menyebabkan kecelakaan yang mengancam jiwa.

Related Posts

Leave a Reply